Langsung ke konten utama

Dieng, Land Above The Sky


“To awaken quite alone in a strange town is one of the pleasantest sensations in the world.” – Freya Stark



Pagi packing, sore berangkat. ouwwyeaah :O
Waktu tempuh ke dieng dari jakarta kalo lagi lancar sekitar 11 jam
Berangkat jam 5 sore, sampe wonosobo jam 4 pagi
Begitu keluar bis....
Dingin... (ya iyalah)

Tanya-tanya sama tukang ojek disana, mikro bis ke dieng baru ada jam 6 pagi.
Artinya masih ada hampir 2 jam lagi, ya udah gue ngaso tidur2an di trotoar alun-alun
Crut, datang tak dijemput pulang tak diantar. dateng tukang ojek ngerayu gue buat liat sunrise
Wonosobo - dieng 1 jam. Dieng - Bukit Sikunir setengah jam. PAS!!

Seperti yang sudah-sudah, gue gampang banget terkena bujuk rayu
Akhirnya keluar juga duit 50 ribu dari yang harusnya 10 ribu :(




Mungkin gue adalah manusia yang paling dibenci sunrise
Dan sekarang gue justru menuju negri yang paling dekat dengan matahri
Negri diatas awan




Baru 10 menit jalan, gerimis mulai turun
Rasanya kayak masuk kulkas, trus muka dicipratin air es. Sadis
kita berhenti sejenak, ojek pake mantel hujan, gue pake jaket + sarung tangan + syal *lebay*
Lanjut jalan, ga berapa lama gue merasa kabut turun makin tebal
Saking tebalnya gue yakin seyakin yakinnya, jarak pandang kita waktu itu cuma 1 meter!!

Gue: Mas, ini saya yang lagi ngantuk sampe jalan di depan ga keliatan apa-apa atau emang kabut ya?
Ojek: Kabut mas, biasa kayak gini. tapi emang baru kali ini setebel ini
G: oohhh, kita ga berhenti dulu mas?
O: gpp, tuh masih keliatan marka jalan (jadi ceritanya si tukang ojek ini jalan cuma sambil ngikutin garis putus-putus di aspal yang keliatan pas dibawah motor doang)
G: Shit *dalam hati*
O: ini kalo lagi ga kabut, samping kanan kiri bagus loh mas. tebing-tebing jurang gitu. Bagus deh
G: No it can't be *melas*
O: kemaren tahun baru ada turis dari jogja naik motor, masuk jurang ini mas pas pagi berkabut
G: .... 



Setengah jam kemudian kita sampe di penginapan bu jono
Penginapan legendaris yang bahkan masuk rekomendasi lonely planet
Sampe sana mas dwi (penjaganya) lagi diluar, alhasil gue cuma nitip barang trus langsung cabut liat sunrise
FYI, sunrise di bukit sikunir itu termasuk empat sunrise terbaik di pulau jawa.
Bareng sama Bromo, Ranu Kumbolo dan Borobudur

Lanjuut, sekarang ganti ojek pake ojek wisata
Kena 50 ribu + dianterin sampe puncak 
Hujan makin deres, karena udah kepalang tanggung plus dijanjiin gombal kabut bakal hilang pas diatas...
Perjalanan dilanjutkaaan :)


...Gue kena gombalan babang-babang tukang ojek lagi...


Begitu sampe bukit sikunir, kabut jauh lebih tebel dari perkiraan gue awalnya.
Jarak pandang mungkin cuma setengah meter, hujan makin deres. gue makin ngenes...
Kedinginan pake banget, baju gue sangat ga proper buat situasi seperti ini.
Ini semua karena hujan *ga mau disalahin*


Begitu sampe ke pos bukit sikunir, bayar 4 ribu trus lanjut trekking 400 meter ke atas
Trek lumayan bagus, cuma buat yang baru nyicip medan kayak gue mending banyak istirahat deh. Daripada pingsan kan ga lucu...

Sampe atas
Ekspektasi: gue berharap disambut dengan cahaya sunrise hangat ditambah dengan indahnya pemandangan kota dieng dibawah bukit plus semilir angin-angin sejuk dingin :D
Realita: Kabut... Dingin... Hujan Badai....
Bahkan beberapa kali gue sama guide (ojek) harus berjongkok biar ga ketiup angin
dan dia bilang ini adalah cuaca terburuk selama dia bertahun-tahun jadi guide wisata disini


yah...



Realita... :( dan Rock and Roll yeaah




Jam sudah menunjukkan jam 6, belum ada perubahan yang berarti...
Akhirnya kita (baca: gue) turun dengan pundung

Tapi alam sepertinya bisa mendengar keresahan gue :)
Pas lagi turun, gue dikagetkan dengan kemunculan Telaga Kecebong
Sebenernya telaga ini ga sedang lari-larian trus ngumpet pas gue lewat
Tapi karena pas gue sampe masih gelap dan berkabut. gue beneran ga liat dan ga nyangka ada telaga seindah ini disini :D






Telaga Kecebong





Konon namanya kecebong karena telaga ini pernah ada ratu kodok yang gedeeeee banget
Trus suatu hari ketika penduduk ingin mengambil air, telaga penuh dengan ribuan kecebong
Ga kok gue bohong...


Turun balik lagi ke penginapan
Ketemu dengan mas-mas super ramah, Mas Dwi 
Mas-mas penjaga losmen bu jono yang membantu gue almost 100% selama disana
Ga pake nego, gue dikasih kamar seharga 60 ribu
Kamarnya bersih, rapi dan kamar mandi diluar
yang gue salut, gue dah beberapa kali traveling dan sering banget nginep di losmen/home stay
Tapi ga pernah ada yang kamar mandi sebersih dan senyaman ini loh :)
*This is non-commercial promotion, part of giving back to local community*


Istirahat sebentar, trus sarapan di losmen ini
Dieng makin dingin aja, hujan masih angot-angotan
15 menit hujan, 15 menit reda... gitu terus kayak kucing galau
Tapi gue putusin tetep jalan, The show must go on!!




Dieng I
Telaga Warna - Dieng Plateau Theatre - Kawah Sikidang - komplek Candi





Kesemua rute Dieng I ini jaraknya sangat berdekatan sekali dengan losmen
Dan antar destinasi juga lumayan deket, akhirnya saya memutuskan untuk mengelilingi dengan jalan kaki saja
Sambil jalan kaki, gue bisa menikmati pemandangan dikiri dan kanan jalan :)


Green... Green Everywhere :O





Pemandangan di salah satu sudut dieng, sejuk :)





Yak first stop, Telaga Warna :)
Namanya telaga warna karena warnanya beneran bisa berubah-ubah
Antara hijau, biru, merah. Tergantung sudut matahari dan cuacanya
Dan jangan coba-coba berenang disini, ini penuh belerang loh
Masuk bayar 6000 ya, kalo lewat belakang bisa gratis dan ga harus bayar
Tapi inget, keberlangsungan destinasi wisata disini tergantung sumbangsih kalian juga loh teman-teman ^^9


Ahh... beautifull 
And it's very worthed it :D


Telaga Warna





View terbaik untuk mendapatkan gambar Telaga Warna ada di puncak bukit sijengkeng
Naik hampir 100 meter bukit di belakang Telaga Warna dengan sudut sekitar 45 derajat
Dan diatas bukit ini gue mesam-mesem sendiri ^^
Finally... I found you :)


Saking cantiknya gue sempet ga mau turun
Sempet hampir sejam gue diatas sini, menikmati pemandangan sambil dengerin musik dari headset gue #SusahMoveOn
Apalagi pas diatas cuma ada gue sendiri dan si telaga, so sweet :D



Telaga Warna, the hidden paradise




Lanjoooooottt
Harusnya Dieng Plateau Theatre, tapi gue skip
Disini diputer film tentang Dieng, Kalo yang tertarik sih silahkan :p

Jalan teruuus-teruuuus sambil menikmati pemandangan di kiri kanan yang keren-keren banget
Dieng itu tempat yang serba worth it menurut gue
Jalan kaki worth it karena dapet pemandangan bagus
Bahkan diem aja di kamar juga worth it karena dinginnya pas banget dipake tidur :p




Pertamina Power Plan @ Dieng Plateau




Next Kawah Sikidang
Pas gue kesini kabut lagi turun tebel banget, jadi gue ga bisa ambil gambar:(
Kawah paling bagus di Dieng, layak dikunjungi. Yah mirip-mirip sama tangkuban perahu sih
Jalanan masuk kedalam cukup panjang ya, mungkin sekitar 400 meter
Tapi lo pasti bakal menemukan gerbang yang gokil ini :p




Daripada repot-repot dibikin dibawah tanah, mending dijadiin gerbang aja sekalian. Engineer's logic





Nah setelah balik dari kawah sikidang kan lewat jalan yang sama tuh, yang panjanganya sekitar 400 meter tadi
Karena males jalan, akhirnya gue putusin buat hitchhike (baca: cari tumpangan pake jempol) aja.
Eh pas ada mobil lewat, isinya bule, Dan gue dibolehin ikut sampe depan :)

Percakapan goblok yang terjadi:
Gue: Hello, Thank you for give me a ride. Where do you come from sir?
Bule: Yeaah, thats fine. I'm from canada.
G: Canada? *mikir cari topik* Wooh Carly Rae Jepsen eh?
B: Carly raeeee... who?
G: Meeh... Call me maybe?
B: Why I should call you?? *muka bingung*
G: -__- no... it's a song. ~Hey I just met you, and this crazy. but here's my number, so call me maybe~ *nyanyi* 
B: *diem 5 detik* HAHAHHAHA trus ngakak. Dia ternyata ga tau kalo Carly Rae Jepsen dari Canadian idol *oke*


Stop di depan pintu masuk, gue turun dan melanjutkan perjalanan ke kompleks candi-candi
Gue sebenernya ga terlalu suka dan ga ngerti sama hal-hal yang berbau budaya yah *jujur*
Jadi cuma numpang lewat aja :p
Sambil ambil foto-foto sedikit
Enjoy :)


Salah satu candi di kompleks candi dieng. ga tau namanya apa, ga notice -_-




Tadaaa ga terasa waktu sudah menunjukkan jam 3 aja.
Baju dari basah kuyup, sampe jadi kering lagi. Trus kehujanan, trus kering lagi. Priceless
Kembali ke losmen membawa lelah dan cerita
Di Wonosobo, ada 3 kuliner wajib yang harus kamu coba:
1. Mie Ongklok (tapi yang enak ada di wonosobo)
2. Purwaceng, minuman penambah stamina. Wooh :O
3. Carica, asli yang ini nagih sih...

Istirahat sambil baca buku yang gue bawa khusus untuk dibaca disini; Marketing 3.0 (philip kotler)
Sambil ditemenin segelas teh manis hangat dan indomie goreng
Worth it :)






Dieng II
Telaga Merdada - Sumur Jalatunda - Kawah Candradimuka - Kawah Sileri - Pemandian air panas pulosari







Tadaaaa, Day 2. setelah berbincang-bincang dengan mas Dwi. gue disarankan untuk tidak pulang lebih dari jam 1. 
Karena takutnya ga dapet bis ke Jakarta dan biar bisa nyicip mie ongklok di Wonosobo
Karena rute 2 ini cukup jauh, gue memutuskan untuk nyewa ojek
Keliling-keliling semua rute itu 50 ribu. Waktu bebas. 
Deal, langsung caps...


Pertama banget pingin ke Kawah Candradimuka
Ternyata jalan kesini rusak parah dan harus berjalan kaki trekking 2 km dengan jalan menanjak
Asli penasaran, dulu pas SMA kerjaannya digembleng mulu ala "Kawah Candradimuka"
Bahkan SMA gue dulu dinubuatkan para pamong sebagai kawah candradimuka untuk calon-calon pemimpin bangsa hahahaha...
Ternyata kata guide gue, Kawah Candradimuka itu menang nama doang,
Jelek dan kecil banget, banyak turis yang kecewa pas kesana.
Haha... ha,... -__-

Ya sudah lanjut ke Kawah Sileri :D
Salah satu pemandangan cantik diperjalanan menuju Kawah Sileri





Dieng Plateau Landscape, Kawah Sileri kelihatan sedikit tuh dipojok kanan :)






O  ya lupa, untuk Dieng II hampir semua objek wisata free of charge ya
Tapi efek sampingnya, jadi ga ada yang nyediain kamar mandi -__-
Padahal ya, kamar mandi hampir di semua objek wisata Dieng I itu bersih banget dan airnya kayak air kulkas... 

Nah ini dia Kawah Sileri, Kawah Belerang
Jangan coba nyebur ya...
Ng.. ga kenapa-kenapa sih... saran aja...








Kawah Sileri... Cantik ^^






Next sumur Jalatunda
Gue ga tau apa yang spesial dari tampat ini, biasa banget
Cuma kayak sumur daleeeem gitu, trus siapa yang bisa lempat batu melebihi diagonal nya  permohonannya bisa terkabul
Mitos, pfft :p siapa yang percaya sih hari gini?
lagian ga gampang ngelemparnya, gue sendiri butuh 12 batu baru yang terakhir bisa nyebrang...

Next lanjut perjalanan ke Pemandian air panas Pulosari
Niatnya mau melepas penat sejenak hehehe
Tapi perjalanan sampe kesana Indah banget loh wooh :O
lagi dan lagi, dieng membuat gue terpesona dengan landscape nya yang menawan :)





Jalanan menuju Air Panas Pulo Sari. Awesome :D



Tadaaa sampe juga
Tempatnya ga bakal keliatan deh dari jauh
Jadi kita harus masuk-masuk gitu jalan kaki dikit dipinggir sawah
Ternyata tempatnya kecil banget, sepetak doang hahaha
Untung pas gue kesana lagi kosong plong cuma berdua doang sama guide aja
Ga kebayang kalo lagi rame, tempat ini mesti jadi dawet -__-

Tapi sambil ngerendem kaki yang lelah dipake jalan trus ngeliatin viewnya yang Subhanallah banget deh :D
Panasnya pas banget buat hangetin badan di dinginnya Dieng.
O ya disini ga ada tempat ganti atau semacamnya, pingin berendam seluruh badan? Do with your own risk hehe :D





Pemandian air panas Pulosari





Nah sekarang tujuan terakhir, Telaga Merdada
Kenapa namanya merdada? 
kata guide gue, supaya orang yang berkunjung kesini hatinya (baca: dada) dilapangkan seperti lapangnya telaga ini :)
Ini serius loh ga bohong...

Jujur, gue lebih suka telaga ini daripada telaga warna
Lebih lapang, lebih adem :)
Saran gue kalo lo rame-rame kesini, piknik deh disini. Asli keren banget
Padang rumputnya disamping telaga ini enak banget buat selonjoran
Pewe banget...






Telaga Merdada, tuh pewe banget kan tempatnya




Huff saatnya pulang ke Jakarta
Padahal masih pengen disini lebih lama lagi :(

Pulang dari sini jam 1, naik mikro bis jurusan wonosobo
turun di Mie Ongklok Longkrang
Makan, trus lanjut mikro bis ke terminal
Balik lagi Jakarta naik bis kena 80 ribu...


Ahh See ya Dieng, Thank's for everything... ;))








Dieng, Abode of the Gods
This place, is more than awesome
My suggestion? Go and prove it with your own eyes
And you'll know I'm telling the truth



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman tes kerja. Nestle, Kraft, Bank Commonwealth, Coca-cola Amatil dan LINE

It's been a while since my last post in this blog... Padahal banyak banget tulisan yang masih di draft dan belom rampung, seperti "US Government Shutdown" (Sampe shutdwon nya kelar tulisannya belom kelar juga T.T), "Perang dan kerajaan bernama Lockheed Martin", "Arsenal dan mimpi bersama Ozil" (bentar lagi udah mau tengah musim malah belom selesai...) dan tulisan-tulisan lainnya yang masih tersimpan rapi di dalam draft. Sibuk mencari dan tes-tes kerja sih, maklum fresh graduate :D FYI, hampir di semua perusahaan gue apply nya yang bagian MT atau Management Trainee. MT itu strata tertinggi dalam jalur penerimaan perusahaan, karena emang disiapin buat jadi future leader. diaharapkan dalam waktu 3-7 tahun udah bisa jadi manager. MT pasti jelas dapat banyak privilege yang ga didapet sama karyawan biasa, seperti karir yang lebih cepet, tutor langsung ke board of director dll. Tapi ya karena posisi ini bergengsi, jadi siap-siap untuk bersaing sama lulusa

Kenapa Trump menang hari ini dan akan menang besok dan seterusnya (Part 1)

Akhir-akhir ini sering dapet pertanyaan, "Ndi, kenapa sih Trump bisa menang? kok bisa orang rasis dan kasar kayak Trump bisa menang di Amerika? Kenapa orang Amerika bego-bego ya?" Karena itulah tulisan ini dibuat, jadi kalau ada yang nanya lagi, gue akan kasih link nya aja. First, orang Amerika ga bego, mereka salah satu negara tercerdas di dunia, so Trump win for a reason. Second, sejarah nya panjang, kita akan balik lagi sampai ke awal kemenangan Obama 2008 - Arab Spring 2010 - Kebangkitan ISIS - Brexit 2016 dan Trump 2017 Saya mencoba menyatukan potongan puzzle ini hingga jadi suatu cerita yang utuh dengan pengetahuan politik ala-ala. "Connecting the dots" kalo kata Steve Jobs Obama - Kemenangan dunia liberal Untuk mensimplifikasi masalah, ada dua kekuatan politik yang sangat kuat dan berpengaruh di dunia. Konsevatif & Liberal, kalau di Amerika diwakili oleh persaingan partai Republik dan Demokrat. Dua kubu ini punya weighted point yang berb

Anatomi teroris di Indonesia

"Turut berduka untuk semua korban teroris hari ini, karena mereka yang hilang, tak mungkin tergantikan" Oke, tiba-tiba JAD dapet panggung dan semua orang langsung bertanya-tanya, JAD siapa sih? kok pola terorisme sepertinya berubah ya? Emang ISIS ada di Indonesia? ISIS buka cabang kayak ayam geprek apa gimana? Gue sesungguhnya cuma pengamat saja, gue coba men-summarize sedikit anatomi teroris di Indonesia yang paling latest Pemain: Jamaah Islamiyah (JI) - lulusan Afghanistan Jamaah Ansarut Daulah (JAD) - lulusan Syria JI ini pemain lama, dulu sempet gede di Indonesia era 2000an. Serangan iconic paling besar waktu bom Bali, bom bali 1 dan bom bali 2, JW marriot.  JAD ini new comers, dibentuk banyak lulusan ISIS yang balik kampung ke Indonesia, yes banyak anggotanya yang lulusan Syria. Prison riot di rutan mako brimob, bom gereja di surabaya ini dua2nya confirm aksi JAD Kiblat: JI: Al-Qaeda JAD: ISIS JI bisa dibilang masih ada jaringan st